Blogroll

Open Cbox

18.12.12

Rafting Mencegah Stress




Rafting atau Arung  jeram merupakan kegiatan olahraga air yaitu menyusuri derasnya sungai yang banyak di gemari oleh kalangan penggiat alam bebas sebagai ajang menguji adrenaline menghadapi derasnya arus sungai, Olahraga yang memadukan antara rekreasi dan petualangan ini membutuhkan kemampuan fisik dan mental.
Pada dasarnya olahraga arung Jeram bisa dilakukan siapa saja tentu saja dengan persyaratan tertentu yang tentu saja untuk menjaga keselamatan agar terhindar dari cedera dan hal-hal lain yang tidak diinginkan, peralatan keselamatan adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan ini seperti helm, sepatu atau sandal gunung dan vest atau rompi pelampung, maksimal 6 orang dalam 1 perahu,dan biasanya didalam perahu tersbut terdapat 1 pendamping untuk memandu.
Ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum memulai kegiatan ini, antara lain :

  • Makan dulu minimal 2 jam sebelumnya. Jangan terlalu banyak karena bisa muntah jika sering mengalami goncangan di perahu. Makanlah makanan yang mengandung cukup kalori supaya
  •  Lakukan peregangan otot bahu dan lengan untuk menghindari cedera otot atau kram. 
  • Tinggalkan barang berharga seperti, perhiasan, jam tangan, kunci kendaraan , HP, dll ditempat yang aman.
  •  Lakukan setiap petunjuk dengan benar dan ikuti petunjuk pendamping.

Selain menguji adrenaline, anda juga akan meningkatkan kesehatan, rafting atau arung jeram juga menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona karena rata-rata kita melintasi sungai diwilayah yang masih hijau alami dan sejuk jauh dari hiruk pikuk, anda juga bisa berteriak keras, seolah - olah terlepas dari semua masalah. Anda pun akan merasa penuh gairah,sngat gembira dan stres yang membebani pikiran akan hilang.
Di Malang sendiri terdapat dua lokasi rafting yang cukup terkenal yaitu Kasembon Rafting yang terletak di kasembon kabupaten malang dan Kaliwatu Rafting yang terletak di kota wisata batu. Tidak ada salahnya mencoba berpetualangan mengasyikkan, berbasah-basah ria, melupakan sejenak rutinitas kerja sekaligus menikmati keindahan alam. (Adi Bayu Putra)



0 komentar:

Posting Komentar