Blogroll

Open Cbox

9.12.12

Menantang Gravitasi Ala Downhill MTB



Downhill Mountain Bike adalah olah raga bersepeda extreme menuruni bukit ataupun gunung.Rider  downhill menggunakan sepeda gunung dalam kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sepeda gunung lainnya. Trek downhill dibuat sulit sehingga menuntut kemampuan pengendalian rider .
Cara untuk bersepeda downhill biasanya rider mengangkut sepeda ke titik start yang berada lebih tinggi, setelah itu rider downhillbisa melakukan start dan menuruni bukit untuk mencapai titik finish, kebanyakan penyuka olah raga ini melakukannya dengan balapan secara time trial, tetapi bila untuk sekedar hobby tanpa harus melakukan balapan olah raga ini sangat menyenangkan. Adapun downhill membutuhkan sepeda yang lebih kuat dari jenis sepeda gunung. Gunakan sepeda yang didesain khusus downhill. Ciri sepeda itu adalah jarak main suspension sekitar 20 cm dan sudut stir miring. Rem menggunakan sistem rem cakram.


 Potensi kecelakaan downhill cukup tinggi. Jadi jika hendak melakukan olah rga ini harus memperhatikan keamanan seperti helm dan pelindung tubuh yang lainnya untuk menghidari cedera.

Di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Wisata Batu, terdapat sebuah bukit yang sangat asyik buat para rider-rider downhill untuk menjajal nyali, ya bukit Klemuk. Sejak 2004, gunung ini dijadikan lintasan olahraga bernyali yaitu sirkuit downhill.
 Lintasan yang memiliki panjang 1,2 kilometer di gunung ini memang cukup menantang bagi seorang rider downhill. Lintasan yang terus menurun menelusuri bukit memang cocok bagi rider downhill yang ingin memacu adrenaline.
Jadi untuk kamu yang ingin mengasah atau memacu adrenaline tidak ada salahnya untuk mencoba hobby olah raga yang satu ini . (Adi Bayu Putra)

0 komentar:

Posting Komentar