Blogroll

Open Cbox

4.12.12

Egrang Modern Itu Disebut Jumping Stilts


 Jumping Stilts ditemukan pertama kali oleh Alexander Boeck pada tahun 1999. Alat ini diproduksi di Eropa, USA, dan ASIA menggunakan paten dari Boeck. Nama Boeck juga digunakan untuk menyebutkan istilah bermain jumping stilst, yaitu Bocking. Sehingga penggunanya disebut dengan Bockers. Tetapi, untuk di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Jumpers.


Olahraga baru ini kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 2007. Komunitas pertama terbentuk di Bandung pada tahun 2009. Menjadi Komunitas baru DiKota Malang bukanlah salah satu komunitas yang dengan mudah mendapatkan anggota. Hal itu juga yang dirasakan Joko, Galang, dan Bima. Komunitas yang terbentuk pada tanggal 4 April 2012 ini dalam beberapa bulan awal mereka melakukan promosi di beberapa sudut kota Malang dan belum mendapat hasil yang maksimal dalam rekruitmen anggota. Akhirnya mereka berinisiatif merekrut anggota dengan promosi melalui social media online. Pelan tapi pasti, penggila Jumpers kota Malang sedikit demi sedikit mulai bergabung dengan Malang Jumping Stilts. Dan dari tiga anggota dengan satu alat, kini mereka bertambah menjadi 25 orang dengan delapan alat.
“Kami merupakan sebuah komunitas yang memiliki hobi sama yakni Bocking, berolahraga menggunakan alat semacam enggrang, namun alat yang kami gunakan memiliki spring dibagian belakannya, kami biasa menyebutnya dengan Jumping Stilts. Sehingga penggunanya sering disebut Jumpers , dengan alat ini kami bisa melompat, dan berlari dengan sesuka hati.” Ujar Joko.
Malang Jumping Stilts Kota Malang berkeinginan menyatukan para Jumpers kota Malang dalam wadah yang lebih positif, kompetitif serta lebih membangun kebersamaan dan kekompakan antar anggota. Sementara misi daripada Malang Jumping Stilts yaitu mensosialisasikan olahraga jumping stilts di Malang, menjaga kesehatan, dan bersenang-senang.
Olah raga ini ternyata juga memiliki banyak manfaat. Bisa membakar kalori cukup banyak serta memacu adrenalin. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan kerja otak, konsentrasi dan keseimbangan tubuh. Bagi yang ingin membentuk tubuh lebih proporsional, bermain sky jumper secara rutin juga dapat menguatkan otot perut dan mengencangkan kaki.(Gunawan)




0 komentar:

Posting Komentar